Senin, 04 Juli 2011

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bagi Anak Kejang Demam

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bagi Anak Kejang Demam

kejang
Anak-anak memang lebih mudah terserang penyakit, berbeda dengan anak remaja ataupun orang dewasa, hal ini yang membuat para orangtua selalu memikirkan lingkungan sekitar si anak. Apalagi jika si anak sudah terserang penyakit seperti demam, flu, batuk, atau yang lainnya yang sering diderita oleh anak, namun jika anak sudah terserang penyakit, orang tua tidak perlu panik. lakukan langkah awal dalam menangani si kecil.
Misal pada saat si kecil terkena kejang demam. Kejang demam merupakan kejang yang terjadi pada saat seorang bayi atau anak mengalami demam tanpa infeksi sistem saraf pusat. Kejang demam biasanya terjadi pada awal demam dimana Anak akan terlihat aneh untuk beberapa saat, kemudian kaku, kelojotan dan memutar matanya. Anak tidak responsif untuk beberapa waktu, napas akan terganggu, dan kulit akan tampak lebih gelap dari biasanya. Setelah kejang, anak akan segera normal kembali. Kejang biasanya berakhir kurang dari 1 menit.
Langkah awal adalah dengan mengoleskan alkohol untuk menurunkan demam atau mengkompres dengan air hangat dengan harapan saat air hangat menguap, panas dari tubuh si anak ikut terangkat, menyumbat mulut dengan sendok atau pun dengan benda apa pun, ini mengantisipasi kejang-kejang yang berlanjut pada stip. Namun bila kejang tidak berhenti setelah lima menit, sebaiknya anak segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.
Kejang demam dibedakan atas dua macam. Pertama, kejang demam sederhana, yang berlangsung kurang dari 15 menit dan sama sekali tidak menimbulkan kerusakan otak ataupun membahayakan jiwa si anak.
Sementara yang kedua adalah demam kompleks yang berlangsung lebih dari 15 menit dan bisa terjadi lebih dari satu kali dalam 24 jam. Pada umumnya pada kejang demam kompleks, si anak mempunyai kelainan neurologi atau riwayat kejang dalam keluarganya.

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

anak kejang demam kurang 15 menit (1), kejang demam kompleks pada anak (1), makalah demam kejang sederhaNA PADA ANAK (1), penyakit stip (1)
Artikel Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bagi Anak Kejang Demam ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar